cintamonorel

Komunitas Pecinta Monorel di Indonesia

Berapakah Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Pembangunan Sistem Monorail?

Ini mungkin adalah pertanyaan nomor satu bagi semua orang mengenai sistem transportasi Monorel. Sayangnya tidak ada jawaban yang sederhana. Ada banyak variabel yang mempengaruhi harga dalam membangun sistem monorel. Ada beberapa faktor seperti:

  1. Panjang total sistem: Dalam banyak kasus, biaya pembangunan dapat dikurangi ketika jalur dari sebuah sistem monorel semakin panjang.
  2. Topografi: Apakah medan di jalur pembangunan datar atau berbukit, adakah banyak jalan atau sungai yang harus diseberangi?
  3. Lokasi Pembangunan: Apakah ada akses jalan untuk peralatan konstruksi? Apakah akan ada lalu lintas yang padat atau hambatan lain dalam proses konstruksi?
  4. Jalur Utilitas: Relokasi saluran air induk, saluran listrik, saluran telepon, dll; dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kenaikan biaya pembangunan.
  5. Tanah: Apakah lahan proyek pembangunan perlu dibeli atau dapat diperoleh melalui kerjasama dengan pemerintah daerah?
  6. Persyaratan Penumpang: berapa ukuran dan jumlah rangkaian kereta monorel yang dibutuhkan? Berapa lama target jeda waktu tunggu penumpang di stasiun?
  7. Kecepatan Kereta Monorel: adakah persyaratan kecepatan yang dibutuhkan oleh sistem monorel? Apakah ada jarak yang cukup jauh antara stasiun sehingga dibutuhkan kecepatan kereta yang lebih tinggi?
  8. Jumlah Stasiun: Setiap tambahan stasiun dalam sistem pasti akan menambah biaya pembangunan.
  9. Struktur khusus: Akankah ada terowongan, jembatan, rekonstruksi jembatan atau struktur perkotaan yang harus dilintasi dan berpotensi menjadi hambatan dalam pembangunan jalur monorel?
  10. Kondisi geoteknik: Bagaimana struktur dan kondisi di bawah permukaan tanah? Hal ini dapat memiliki dampak besar pada perhitungan biaya dasar pembangunan.
  11. Mitigasi lingkungan: Apakah diperlukan proses restorasi lingkungan, perlindungan satwa liar atau kebutuhan atas dinding peredam suara dalam proses konstruksi?

Tidak peduli berapa biaya yang diperlukan untuk membangun sistem monorel, tetapi yang jelas sistem monorel adalah salah satu kesempatan terbaik dari semua mode transit, untuk menghasilkan keuntungan.

Di bawah ini adalah angka-angka perkiraan biaya dari berbagai sistem monorail/monobeam. Data ini memang tidak terlalu lengkap, kami hanya tampilkan prakiraannya saja, tetapi kami harap data ini bisa menjadi acuan tambahan bagi kita semua.

   System type Cost/Year  Info Source System Status
 100Tokyo Hitachi $15 million/km
1964
Tokyo-Haneda Monorail

 

Operating
 100Kita Hitachi $62 million/km
1985
Kitakyushu Monorail

 

Operating
 100LVMIV VSL $25 million/mile
1995
MGM-Bally’s Monorail Replaced with Bombardier system
 100Naha Hitachi $27 million/km
$44 million/mile
2003
Okinawa Monorail Operating
 100KL Kuala Lumpur
MTrans
$36 million/km
2003
Kuala Lumpur Monorail

 

Operating
 100LVMVI Bombardier MVI $88 million/mile
2004
Las Vegas Monorail Operating
 100Palm Hitachi $73.4 million/km
2006
Palm Jumeirah Monorail

 

Operating
 100Metrail Metrail $20 million/km
2008
Metrail Contracted
 100Incheon Rowin/Urbanaut $10.3 million/km
2008
Rowin  Construction (2008)
 100Scomi Scomi $27.25 million/km
2008
Mumbai Monorail
(Rites Ltd.)

 

Operating

Tinggalkan komentar

Information

This entry was posted on 11 Juli 2014 by in Monorel, Transportasi Massal and tagged .

Komentar Terbaru

Arsip